Apple

Cara Agar Chat WhatsApp Tidak Hilang Saat Ganti HP

Cara Agar Chat WhatsApp Tidak Hilang Saat Ganti HP – Smartphone merupakan salah satu perangkat yang hampir digunakan oleh seluruh masyarakat dunia. Biasanya,  para pengguna akan mengganti perangkat secara rutin. Ada yang menggantinya setiap tahun ada pula yang beberapa tahun sekali.

Hal ini tentu tergantung dengan kebutuhan dan budget yang ada. Sebelum mengganti handphone, ada berbagai macam hal yang mesti Anda lakukan. Salah satunya adalah dengan mencadangkan chat terlebih dahulu.

Tujuannya supaya semua data-data ataupun chat yang anda miliki tetap tersimpan dan bisa diakses lewat handphone yang baru. Berikut ini adalah cara untuk membackup atau cara agar chat WhatsApp tidak hilang saat ganti HP yang harus anda lakukan.

Daftar Isi :

Apa itu Backup Data WhatsApp

Secara sederhana,  Backup data WhatsApp bisa kita Artikan sebagai proses untuk membuat salinan data-data yang ada di dalam aplikasi WhatsApp. Baik itu chattingannya ataupun data-data serta file-file yang ada di dalamnya.

Nantinya salinan data-data tersebut bisa anda tempelkan atau gunakan kembali lewat Ponsel ataupun aplikasi yang baru. Kegiatan backup ini merupakan kegiatan yang memang harus anda lakukan sih.

Terlebih lagi jika merasa semua data-data yang ada di dalam aplikasi WhatsApp Anda adalah hal-hal yang penting. Karena dengan melakukan backup data Anda masih tetap bisa mengaksesnya sesuai dengan kebutuhan.

Arti Penting  Backup WhatsApp

Secara umum terdapat beberapa arti penting backup data. Untuk yang pertama adalah supaya mengamankan data-data tersebut. Hal ini karena data-data yang tidak di backup bisa saja mengalami kerusakan ataupun Kehilangan.

Baik itu ketika perangkat Anda mengalami kerusakan ataupun hal-hal yang lainnya. Hilang dan rusaknya data-data tentu akan menjadi permasalahan yang cukup serius, terutama jika yang hilang dan rusak adalah data-data yang paling penting.

Oleh karena itu, untukmu meminimalisir terjadinya kehilangan dan kerusakan data-data, ada baiknya jika anda melakukan backup-kan? Alasan penting Kenapa harus backup data WhatsApp berikutnya adalah supaya memungkinkan anda untuk ganti handphone dan masih tetap mempunyai akses ke chatingan yang lama.

Cara Agar Chat WhatsApp Tidak Hilang Saat Ganti HP

Cara agar chat WhatsApp tidak hilang saat ganti HP baru ini bisa anda lakukan dengan cukup mudah. Berikut adalah tahapan-tahapan yang bisa Anda coba sendiri nantinya.

Untuk caranya sendiri ialah dengan membackup dulu chattingan tersebut ke aplikasi Google Drive ataupun ke iCloud. Anda bisa menyesuaikannya sendiri dengan jenis perangkat yang anda pakai. Apabila menggunakan perangkat dengan sistem operasi Android, bisa cadangkan saja ke Google Drive.

Sementara jika Anda menggunakan iPhone tinggal cadangkan ke iCloud. Melakukan backup data ke dalam layanan tersebut menjadi langkah penting yang harus anda lakukan. Berikut ini merupakan tutorial lengkapnya.

Backup Data di Android

Untuk cara agar chat WhatsApp tidak hilang saat ganti HP pertama yang akan kita bahas adalah bagi Anda yang menggunakan Android ya. Cara yang perlu Anda lakukan pertama ialah dengan buka dulu aplikasi WhatsApp lewat Ponsel yang lama.

Lalu pergi ke menu pengaturan, Kemudian Anda bisa memilih opsi setting ataupun pengaturan dari menu drop Down yang tersedia. Lalu pilih menu chatting ataupun chat dari opsi yang sudah ada, dan pilih menu backup Google Drive.

Dengan mengklik backup Google Drive maka anda akan diberikan opsi apakah akan melakukan  pencadangan setiap hari kemudian mingguan ataupun bulanan. Tinggal pilih saja salah satu waktu yang sesuai keinginan.

Sementara angkatan terakhir ialah dengan mengklik menu backup now, lalu pihak aplikasi akan mulai melakukan pencadangan. Proses pencadangan Ini Membutuhkan koneksi internet yang bagus dan stabil.

Maka supaya prosesnya lebih cepat dan lebih bagus, jangan lupa untuk menghubungkan perangkat ke jaringan yang koneksinya stabil ya. Setelah selesai melakukan proses pencadangan, Anda bisa langsung memulihkan chat tersebut di handphone yang baru.

Adapun tahapannya ialah dengan mendownload atau menginstal aplikasi WhatsApp di handphone yang baru. Lalu  buka aplikasi tersebut dan masukkan nomor whatsApp sama seperti nomor yang lama. 

Pihak aplikasi akan melakukan verifikasi dan anda bisa ikuti tahapan yang sampai selesai. Kemudian akan muncul menu restore atau pemulihan. Anda bisa klik menu tersebut, dan tunggu sampai proses pemulihannya selesai. 

Cara Backup Chat WhatsApp di iPhone

Sementara kalau anda menggunakan iPhone bisa langsung saja backup dulu lewat iCloud. Tahapan backup chat ataupun data-data yang ada di WhatsApp lewat iCloud ini juga gampang banget kok. Anda bisa pergi ke dalam menu setting kemudian pilih yang menu opsi chat.

Kemudian di sana akan ada menu chat backup, Pilih Saja menu tersebut dan lanjutkan dengan mengklik menu backup now. Lalu klik menu menu auto backup, pilih frekuensi pencadangan sesuai keinginan.

Sementara untuk tahapan yang terakhir ialah dengan melakukan restore atau pemulihan di ponsel yang baru. Caranya hampir sama saja seperti cara Pertama kali Anda menggunakan aplikasi WhatsApp.

Cara Backup WhatsApp Lintas Sistem Operasi

Tidak bisa kita pungkiri bahwasanya cara agar chat WhatsApp tidak hilang saat ganti HP dari Android ke Android atau dari iPhone ke iPhone memang tergolong sangat mudah dan cepat. Hal ini justru berbeda Ketika anda akan mengganti perangkat lintas sistem operasi.

Yaitu ketika awalnya menggunakan Android ingin berganti ke iOS, ataupun sebaliknya. Dalam hal ini anda bisa menggunakan layanan dari aplikasi pihak ketiga saja. Hal ini karena memang pihak WhatsAppnya sendiri belum menyediakan layanan untuk baik up dari Google Drive ke iCloud.

Nggak perlu khawatir karena memang sudah banyak sekali ke aplikasi ataupun layanan-layanan online yang bisa anda gunakan untuk membackup data dari Android ke iOS.

Nah sebelum melakukan kegiatan backup data, pastikan bahwasanya Anda menghubungkan perangkat ke jaringan yang stabil dan bagus. Hal ini supaya semua data-data memang terbackup secara sempurna dan tidak ada yang hilang.

Kemudian pastikan juga bahwa ruang penyimpanan Anda masih lega. Lantaran proses backup data Ini Membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup besar, terutama jika anda sudah menggunakan aplikasi WhatsApp bertahun-tahun.

Semakin lama anda menggunakan aplikasi tersebut maka akan semakin banyak pula data-data yang harus di-backup. Itu artinya akan semakin banyak pula ruang penyimpanan yang anda butuhkan untuk proses backup data.

Oleh karena itu, Anda bisa menghapus dulu file ataupun data-data yang tidak penting supaya proses backup datanya berjalan lancar. Oke itulah ulasan kali ini seputar Bagaimana cara agar chat WhatsApp tidak hilang saat ganti HP baru yang perlu Anda ketahui.

Lakukan tahapan-tahapan di atas sampai selesai dan proses restore atau pemulihan data berhasil. Demikian ulasan kali ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker