Aplikasi

Cara Hapus Data Sementara di Android

Cara Hapus Data Sementara di Android – Pernah mendengar istilah cache? Jadi ini merupakan sebuah istilah yang ditujukan untuk menggambarkan data-data sementara yang tersimpan di dalam perangkat atau aplikasi untuk membuat proses aplikasi berjalan lebih cepat.

Meskipun tampaknya sangat bermanfaat, Namun ternyata ketika data-data tersebut mengalami penumpukan juga akan berpengaruh terhadap berbagai macam hal. Salah satunya adalah terhadap performa pada perangkat.

Itulah Kenapa Anda harus membersihkan data-data sementara tersebut untuk mempertahankan performa. Berikut ini kami akan bahas beberapa cara hapus data sementara di Android yang bisa Anda coba.

Daftar Isi :

Apa Itu Cache?

Cache adalah  merupakan Data sementara yang disimpan oleh aplikasi untuk membuat kinerja aplikasi lebih cepat. Sebagai contohnya adalah aplikasi-aplikasi media sosial yang notabenenya menyimpan banyak gambar serta video.

Nah gambar-gambar ataupun video-video yang pernah anda lihat lewat aplikasi tersebut tentu perlu proses pendownloadan terlebih dahulu. Ketika sudah melihat konten-konten tersebut maka anda tidak perlu lagi mendownload ulang data-datanya.

Inilah yang akan membuat proses pengakses akses sesuatu menjadi lebih cepat. Namun sebagaimana yang sudah kami Sebutkan, bahwa meskipun data-data ini memang bermanfaat tapi tetap mempunyai beberapa hal negatif.

Manfaat Menghapus Cache

Secara umum ada berbagai macam manfaat yang akan anda peroleh ketika menghapus data-data sementara pada perangkat. Pertama adalah akan meningkatkan kecepatan perangkat. Hal ini karena mengurangi beban data-data sementara yang sudah tidak lagi dibutuhkan oleh aplikasi.

Manfaat yang berikutnya adalah bisa mengosongkan ruang penyimpanan. Tidak bisa kita pungkiri bahwasanya Data sementara yang menumpuk dalam jumlah banyak tentu akan memakan ruang penyimpanan yang besar pula.

Oleh karena itu ketika anda menghapusnya tentu akan membuat ruang penyimpanan menjadi lebih lega. Dan Space tersebut bisa anda gunakan untuk menyimpan data-data yang lebih penting. Adapun manfaat yang lainnya adalah untuk mengatasi permasalahan pada aplikasi.

Banyak yang belum tahu bahwa ternyata menghapus data-data sementara pada aplikasi juga bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi aplikasi-aplikasi yang mengalami error. Itulah Kenapa Anda harus tahu bagaimana sebenarnya cara menghapusnya.

Mengapa Menghapus Data Sementara (Cache)?

Terdapat beberapa alasan kenapa Anda harus menghapus data-data sementara pada perangkat. Alasan yang pertama adalah untuk meningkatkan kinerja ponsel. Sudah bukan rahasia umum lagi bahwasanya di atas sementara yang terlalu menumpuk bisa membuat kinerja perangkat menjadi lemot.

Sehingga Anda perlu menghapusnya supaya kinerjanya menjadi lebih cepat. Alasan yang berikutnya adalah untuk mengosongkan ruang penyimpanan. Sementara alasan yang terakhir adalah untuk mengatasi error pada aplikasi.

Cara Hapus Data Sementara di Android Secara Manual

Secara umum ada beberapa cara hapus data sementara di Android yang bisa Anda coba. Dan kali ini kita akan bahas satu persatu. Cara yang paling pertama bakalan kita bahas adalah menghapusnya secara manual.

Menghapus Data sementara secara manual ini memang sering juga dilakukan oleh para pengguna Android. Hal ini berlaku untuk Anda yang ingin menghapus data-data sementara dari aplikasi-aplikasi tertentu.

Caranya adalah dengan pergi ke menu pengaturan yang ada di dalam perangkat, kemudian lanjutkan dengan Scroll ke bawah sampai Anda menemukan opsi aplikasi ataupun manajemen aplikasi. Jika sudah menemukan menu tersebut bisa langsung klik saja.

Selanjutnya Anda bisa pilih aplikasi yang pengen Anda bersihkan data-data sementaranya. Dalam hal ini Anda bisa memilih aplikasi apapun. Demikian maka aplikasi yang bersangkutan akan terbuka, dan Anda bisa melihat data-data yang ada di dalamnya.

Ketika aplikasinya terbuka tinggal pilih saja yang opsi storage atau penyimpanan. Langkah terakhir adalah dengan mengklik menuklir cache atau hapus cache. Setelah menghapus Data sementara di aplikasi tertentu maka anda bisa melakukan cara yang sama untuk membersihkan data-data sementara pada aplikasi lain.

Dan anda perlu melakukannya satu persatu,  tergantung aplikasi mana saja yang ingin anda hapus data-datanya.

Cara Hapus Data Sementara di Android Sekaligus 

Nah kalau anda adalah   tipe yang tidak ingin menghapus satu persatu, maka anda bisa coba menghapusnya sekaligus. Dan ternyata ini merupakan salah satu cara yang worth it banget kok buat dicoba.

Karena cuma dengan melakukan beberapa step doang anda sudah berhasil menghapus Data sementara di semua aplikasi pada perangkat. Cara yang perlu Anda lakukan juga gampang banget nih. 

Tinggal buka aja pengaturan kemudian pilih menu penyimpanan atau storage. Lalu lanjutkan dengan memilih menu cache data atau data tersimpan, terakhir Anda bisa pilih menu Oke ataupun hapus. Tunggu prosesnya beberapa saat hingga selesai.

Cara ini akan sangat efektif bagi Anda yang memang ingin menghapus semua data-data sementara yang sudah menempuh.

Cara Hapus Data Sementara di Memakai APK 

Menariknya lagi selain bisa menghapus dengan menu pengaturan bawahan dari handphone, ada juga ke aplikasi-aplikasi yang notabenenya di desain untuk menghapus data-data sementara pada perangkat. 

Anda bisa mendapatkan aplikasi-aplikasi tersebut lewat Google Play. Adapun cara menggunakannya juga gampang banget. Download saja aplikasi tersebut kemudian buka aplikasinya. 

Langkah berikutnya adalah dengan memilih opsi bersihkan cache, maka pihak aplikasi akan langsung melakukan pembersihan terhadap data-data sementara. Cara ini bakalan lebih praktis dan lebih cepat.

Menghapus Cache di Browser Android

Selain perlu menghapus data-data di aplikasi tampaknya Anda juga harus menghapus data-data yang ada di browser. Apalagi browser sendiri merupakan salah satu aplikasi atau layanan yang tentu sangat sering anda gunakan kan?

Dengan menghapus data-data sementara yang ada di browser, akan membuat browser tersebut lebih optimal. Anda bisa menghapusnya dengan membuka aplikasi Chrome terlebih dahulu, kemudian pilih menu history.

Dengan mengklik menu Story tersebut akan muncul beberapa pilihan salah satunya adalah hapus data penjelajahan. Pilih Saja menu tersebut kemudian lanjutkan dengan memilih opsi gambar dan file yang disimpan dalam cache.

Cara terakhir adalah dengan mengklik mengutip data ataupun hapus data. Setelah menghapus data-data sementara pada browser maka anda bisa Berselancar Di Internet dengan lebih nyaman dan lebih cepat.

Perbedaan Menghapus Cache dan Data Aplikasi

Beberapa diantara anda mungkin masih bingung ya apa sih sebenarnya perbedaan antara menghapus cache dengan menghapus data aplikasi? Sebenarnya perbedaannya juga sangat-sangat tipis ya.

Kalau menghapus Caca ini anda akan menghapus file-file ataupun gambar-gambar yang memang disimpan untuk mempercepat sebuah aplikasi diproses. Sehingga data-data serta pengaturan-pengaturannya masih tetap ada.

Sementara ketika menghapus data aplikasi maka informasi pengaturan serta informasi login anda akan terhapus.

Waktu yang Pas Menghapus Cache

Terdapat beberapa waktu yang pas untuk menghapus data-data sementara pada perangkat. Ya itu ketika perangkat mulai lambat performanya kemudian aplikasi sering error serta ruang penyimpanan yang hampir habis.

Demikian ulasan kali ini seputar beberapa cara menghapus Data sementara di Android yang perlu anda perhatikan. Serta beberapa informasi-informasi menarik lainnya yang  perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker