AplikasiTips dan Trik

Apakah Foto Sekali Lihat di WhatsApp Bisa Dilihat Lagi, Simak Jawaban Berikut!

Apakah Foto Sekali Lihat di WhatsApp Bisa Dilihat Lagi, Simak Jawaban Berikut! – Untuk saat ini, di dalam aplikasi WhatsApp Anda bisa menemukan fitur sekali lihat. Fitur ini merupakan salah satu fitur yang terbaru dan banyak juga digunakan oleh masyarakat kita. Sebagai salah satu pengguna yang baru saja menggunakan fitur sekali lihat, Anda pasti penasaran kan.

Yaitu Apakah foto sekali lihat di WhatsApp bisa dilihat lagi? Nah berikut ini merupakan jawaban lengkapnya yang harus anda ketahui.

Pengertian Fitur Foto Sekali Lihat di WhatsApp

Fitur foto sekali lihat di aplikasi WhatsApp bisa kita Artikan sebagai fitur yang memungkinkan para pengguna aplikasi untuk mengirimkan foto ataupun video yang nantinya hanya bisa diputar atau dilihat sekali saja oleh si penerimanya.

Pihak aplikasi WhatsApp mendesain fitur ini agar foto ataupun konten yang Anda kirimkan lewat fitur sekali lihat ini akan hilang secara otomatis. Dan tentunya nggak bakalan bisa dibuka lagi oleh si penerima. 

Dengan sistem yang demikian, maka  fitur ini sangat cocok Ketika anda akan mengirimkan foto-foto yang sifatnya sensitif. Salah satunya adalah data-data pribadi seperti foto KTP ataupun foto kartu keluarga. 

Selain itu, fitur ini juga cocok Ketika anda akan mengirimkan momen yang cukup singkat dan gak perlu disimpan ke dalam perangkat si penerima. 

Apakah Foto Sekali Lihat di WhatsApp Bisa Dilihat Lagi?

Dari ulasan seputar pengertian fitur foto sekali lihat ini, jelas bahwasanya foto ataupun konten yang anda Kirimkan menggunakan fitur foto sekali lihat tidak akan bisa dilihat ulang oleh si penerimanya. Yang menariknya, si penerima tetap mengetahui sifat dari foto yang mereka terima.

Hal ini karena ketika Si pengirim mengirimkan foto menggunakan fitur sekali lihat ini akan ada logo ataupun icon berbentuk angka 1 tepat di sebelah foto ataupun video yang mereka terima. Jadi ketika anda menerima ada sebuah konten yang terdapat angka satunya pada konten tersebut,  itu merupakan tanda bahwasanya konten yang anda terima merupakan konten sekali lihat saja. 

Yang Ketika anda membukanya maka konten tersebut akan hilang secara otomatis. Dan biasanya, waktu konten akan hilang tersebut setelah anda buka selama beberapa detik. Kemudian konten yang akan hilang secara otomatis. 

Pihak aplikasi memang sudah secara resmi menjelaskan bahwa tidak akan mungkin si penerima bisa melihat lagi konten sekali lihat. Karena memang fitur tersebut dirancang secara khusus untuk melindungi privasi para pengguna atau si pengirimnya.

Dan pihak aplikasi WhatsApp menjamin bahwasanya konten-konten yang dikirimkan menggunakan fitur sekali lihat ini tidak akan bisa dilihat kembali. 

Resiko Mengirimkan Foto Sekali Lihat

Meskipun memang  aplikasi WhatsApp menjamin bahwa konten-konten yang Anda kirimkan lewat fitur sekalian tidak akan bisa tersimpan ke dalam perangkat si penerima, tapi tetap ada beberapa alternatif yang memungkinkan si penerima bisa menyimpan konten yang anda Kirimkan.

Hal ini karena mereka bisa menyimpan gambar tersebut dengan melakukan rekaman layar atau bisa juga dengan mengambil gambar tersebut lewat kamera handphone yang lain. Dan untuk saat ini banyak juga orang-orang yang melakukan kedua metode tersebut.

Oleh karena itu Anda bisa mempertimbangkan kembali apakah tetap ingin mengirimkan sebuah konten kepada orang lain atau tidak. Karena jika pun Anda mengirimkan lewat fitur sekali lihat, akan ada saja metode yang bisa dilakukan oleh orang-orang untuk mendapatkan konten tersebut.

Sistem Kerja Fitur Sekali Lihat

Sistem kerja fitur skala dilihat ini cukup mudah ya. Jadi anda bisa mengirimkan foto dengan mengklik Icon dengan bentuk angka 1. Setelah itu maka konten yang anda Kirimkan akan hilang otomatis begitu si penerima membukanya.

Nantinya kontennya nggak bakalan tersimpan ke dalam perangkat si penerima. Kabar baiknya, fitur tersebut juga sudah menggunakan fitur enkripsi end to end, yang membuatnya nggak bakalan bisa diakses oleh siapapun termasuk  pihak aplikasi whatsapp-nya sendiri.

Cara Menggunakan Fitur Sekali Lihat di WhatsApp

Berikut ini merupakan beberapa cara menggunakan fitur skalia di WhatsApp yang bisa Anda coba.

  1. Cara yang paling pertama adalah dengan membuka aplikasi WhatsAppnya terlebih dahulu. 
  2. Kemudian Anda bisa mencari kontak orang yang akan anda Kirimkan konten sekalian.
  3. Cari kontak tersebut kemudian pergi ke dalam ruang chat.
  4. Langkah berikutnya adalah dengan mengklik ikon kamera ataupun ikon lampiran yang terdapat di dalam ruangan chat. Hal ini supaya Anda bisa mengirimkan foto ataupun video sesuai kebutuhan.
  5. Langkah berikutnya adalah dengan memilih foto ataupun video yang bakalan Anda kirimkan lewat  fitur sekali lihat.
  6. Cara selanjutnya adalah dengan mengklik ikon angka 1 buat mengaktifkan fitur kalian lihatnya. 
  7. Terakhir Anda bisa langsung mengirimkan pesan tersebut dengan menggunakan icon seperti biasanya. 

Sebagai catatan, anda perlu mengaktifkan fitur tersebut secara manual tiap kali akan mengirimkan konten sekali lihat ya. Karena ketika anda tidak mengaktifkannya maka fiturnya nggak bakalan aktif. 

Kelebihan dan Kekurangan Fitur Sekali Lihat

Fitur sekali lihat ini mempunyai kelebihan dan kekurangan. Adapun kelebihannya ialah memungkinkan anda untuk menjaga privasi lebih ketat, kemudian sangat ideal Kalau Anda pengen mengirimkan konten-konten yang sementara dan tidak perlu disimpan, serta sudah sangat aman.

Hal ini karena sudah menggunakan enkripsi end to end. Sementara untuk kekurangannya tentu karena masih tetap rentan terhadap penyalahgunaan. Dalam artian si penerima masih bisa menggunakan berbagai macam metode untuk mendapatkan konten yang anda Kirimkan dengan sekali lihat.

Kekurangan yang berikutnya adalah tidak adanya pemberitahuan ketika si penerima mencoba mengambil konten yang Anda kirim.

Bagaimana Menghindari Penyalahgunaan Fitur Sekali Lihat?

Oleh karena itu ada beberapa cara yang mesti anda perhatikan untuk menghindari penyalahgunaan fitur sekali lihat. Ya itu dengan mengirimkan pesan hanya kepada orang-orang yang notabene yang anda percayai saja. 

Kemudian hindari juga untuk mengirimkan konten-konten yang sifatnya sensitif. Kedua cara ini penting untuk anda perhatikan dan pertimbangkan.

Kesimpulan

Fitur foto sekali lihat di aplikasi WhatsApp merupakan solusi yang cukup tepat Ketika anda ingin mengirimkan data-data yang kiranya Sensitif atau berkaitan dengan privasi. Baik itu konten dalam bentuk foto ataupun video.

Fitur ini memungkinkan para pengguna untuk mengirimkan konten yang nantinya akan hilang secara otomatis ketika sudah dibuka oleh si penerima. Cara pengguna wajib mengaktifkan fitur sekali lihat ini tiap kali akan mengirimkan foto menggunakan fitur tersebut.

Hal ini karena ketika anda tidak mengaktifkan fiturnya, maka konten yang akan anda Kirimkan sifatnya adalah umum dan bisa mereka simpan. Oleh karena itu jangan lupa untuk selalu mengaktifkan fitur sekali lihat ketika akan mengirimkan data-data tertentu.

Atau pesan yang kiranya setidak ingin disimpan oleh si penerima. Itulah ulasan seputar pertanyaan Apakah foto sekali lihat di WhatsApp bisa dilihat lagi atau tidak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker