Tips dan Trik

Apa Penyebab Baterai HP Kembung? Simak 5 Penyebabnya Berikut!

Apa Penyebab Baterai HP Kembung? Simak 5 Penyebabnya Berikut! – Saat ini smartphone merupakan salah satu perangkat yang sangat banyak digunakan oleh masyarakat dunia. Baik itu untuk melakukan kegiatan-kegiatan pribadi ataupun kelompok. Dalam hal ini smartphone memang bisa digunakan untuk berbagai macam hal.

Mulai dari menjalankan bisnis sampai dengan memperoleh hiburan secara online. Di dalam smartphone terdapat berbagai macam komponen-komponen penting yang nantinya akan membuat perangkat tersebut bisa beroperasi dengan lancar.

Salah satunya adalah baterai. Komponen satu ini termasuk ke dalam salah satu komponen pokok atau komponen yang paling krusial. Karena tanpa adanya baterai maka Perangkat tidak akan bisa beroperasi sama sekali.

Nah walaupun saat ini kita sudah menggunakan Smartphone yang menggunakan teknologi super canggih, namun ada kemungkinan perangkat tersebut mengalami kerusakan pada bagian baterai. Adapun kerusakan yang cukup umum terjadi adalah baterai yang kembung.

Sebenarnya apa penyebab baterai HP kembung? Kemudian Apakah ada cara untuk mencegah terjadinya baterai HP kembung? Bagi Anda yang penasaran bisa langsung saja simakulasan lengkapnya berikut ini.

Daftar Isi :

Pengertian Baterai HP Kembung

Sesuai dengan namanya, baterai HP kembung merupakan baterai yang kondisinya tidak normal lagi. Dalam hal ini anda bisa menemukan indikasi-indikasi yang membuatnya masuk ke dalam kategori baterai HP kembung.

Indikasi yang paling mudah kita perhatikan adalah dari bagian fisiknya. Yang mana baterai HP kembung pasti mempunyai fisik yang tidak sama seperti baterai pada umumnya atau baterai yang normal.

Yang paling gampang kita temukan adalah baterai yang memang menggembung ataupun menonjol di bagian belakangnya. Jadi ketika anda menemukan bagian belakang atau casing belakang yang terangkat atau bisa juga layar yang menonjol, ini merupakan salah satu pertanda bahwa baterai perangkat anda sudah menggembung.

Dan kondisi ini harus  diatasi secara tepat supaya tidak menimbulkan berbagai macam permasalahan. 

Baterai Lithium-ion

Masing-masing perangkat menggunakan jenis baterai yang berbeda. Namun tampaknya mayoritas baterai perangkat masa kini banyak yang menggunakan baterai lithium ion. Nah baterai lithio mion ini terdiri dari beberapa material dan lapisan.

Nanti nggak lapisan material tersebut yang bakalan menyimpan serta melepaskan energi. Apabila baterai anda gunakan maka Terjadi reaksi kimia di dalam baterai tersebut. Supaya bisa menghasilkan listrik dan membuat perangkat bisa beroperasi.

Ketika ada kerusakan di bagian struktur internal, maka baterai akan mulai membentuk gas di dalamnya. Dan inilah yang akan menyebabkan baterai tersebut menjadi menggembung atau membengkak. Itu artinya terjadinya kerusakan ini Ya nantinya akan menyebabkan adanya gas yang membuat baterai menjadi menggembung.

Apa Penyebab Baterai HP Kembung

Pada dasarnya terdapat berbagai macam penyebab kenapa baterai HP bisa menggembung. Berikut ini merupakan beberapa penyebab yang sangat umum terjadi.

1. Menggunakan Charger yang Tidak Ori

Menggunakan charger yang original merupakan salah satu cara yang tepat Ketika anda ingin menjaga kualitas baterai perangkat. Sehingga terjadi kebalikannya Ketika anda menggunakan charger yang tidak original.

Dalam hal ini baterai perangkat bisa mengalami kerusakan dalam waktu yang relatif singkat Ketika anda menggunakan charger bukan dari keluaran pabrikan. Hal ini karena charger yang tidak original biasanya mempunyai tekanan yang terlalu kecil ataupun terlalu besar.

Tekanan ini tidak sesuai dengan kebutuhan charger atau perangkat, sehingga menyebabkan terjadinya ketidakstabilan. Ketidakstabilan aliran listrik yang masuk ke dalam perangkat inilah yang nantinya akan menyebabkan adanya reaksi kimia yang tidak normal di dalam baterai lithium ion.

Nah reaksi kimia yang tidak normal ini yang bakalan memicu terbentuknya gas,  lalu membuat baterai menjadi menggembung.

2. Overcharge 

Penyebab yang berikutnya adalah karena over charge atau melakukan pengisian daya secara berlebihan. Kalau kita perhatikan banyak sekali ini masyarakat yang kerap melakukan pengisian daya secara berlebihan, Terutama ketika tidur di malam hari.

Padahal melakukan pengisian daya berlebihan ini bisa menyebabkan baterai menggembung. Memang benar bahwa banyak sekali perangkat-perangkat yang sudah dibekali dengan teknologi modern, yang notabenenya bisa melakukan pemberhentian pengisian daya otomatis.

Sayangnya fitur tersebut nggak selalu efektif, terutama Kalau Anda terlalu sering melakukan pengisian daya dengan intensitas yang tinggi.

3. Overhead

Penyebab yang berikutnya adalah karena overhead atau suhu perangkat yang terlalu panas. Itu perangkat yang terlalu panas atau berlebihan juga bisa berpengaruh terhadap kinerja serta kesehatan baterai perangkat.

Saat suhu perangkat terlalu panas maka akan terjadi tekanan di dalamnya. Dan tekanan terus akan mengalami peningkatan, sehingga mempercepat terjadinya reaksi kimia. Terjadinya percepatan reaksi kimia ini akan memicu pelepasan gas yang berlebihan dan membuat baterai menggembung.

Secara umum ada berbagai macam hal yang dapat menyebabkan perangkat mengalami overhead. Seperti terlalu sering anda gunakan, yang kemudian mengakses aplikasi-aplikasi berat secara berlebihan, atau anda menggunakannya di bawah terik sinar matahari secara langsung.

4. Usia Baterai

Usia baterai juga sangat berpengaruh terhadap kemampuannya. Yang mana seiring dengan penggunaan serta usianya maka baterai akan mengalami penyusutan kemampuan. Hari ini juga yang akan membuat penyaluran energi kurang efisien.

Apalagi untuk baterai yang jenis litium ion yang notabenenya akan mengalami degradasi.  Baterai yang sudah berusia beberapa tahun tentu akan jauh lebih  mengalami penggembungan daripada baterai baru.

5. Kualitas Baterai yang Buruk

Sementara untuk penyebab yang lainnya adalah karena kualitas baterai yang buruk. Kualitas baterai yang buruk bisa saja karena Anda membeli baterai bukan dari pihak produsen. Karena biasanya baterai-baterai yang tidak original memang dibuat tidak sesuai dengan standar.

Cara Mengatasi Baterai HP Kembung

Apabila memang Anda merasa baterai Perangkat sudah menggembung, maka satu-satunya cara mengatasi yang bisa anda lakukan adalah dengan menggantinya. Anda bisa membeli baterai yang baru yang berkualitas.

Jangan menggunakan baterai baterai dengan harga yang murah, karena ini beresiko. Anda bisa mencari baterai dari pihak produsennya langsung atau mencari baterai yang memang kualitasnya sangat baik.

Biasanya baterai yang asli memang dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Namun ini bakalan jauh lebih aman daripada harus menggunakan baterai yang tidak original. 

Cara Mencegah Baterai HP Kembung

Mencegah tentu akan jauh lebih baik daripada harus mengobati. Oleh karena itu sebelum perangkat Anda mengalami baterai kembung ada baiknya jika mencegahnya dengan melakukan beberapa cara berikut ini.

1. Gunakan Charger yang Original

Yang pertama adalah dengan menggunakan charger yang original. Menggunakan charger original atau charger yang asli memang sangat direkomendasikan oleh pihak produsen. Hal ini karena charger yang asli memang sudah disesuaikan spesifikasinya dengan perangkat.

2. Hindari Overcharge

Cara berikutnya adalah dengan menghindari pengisian daya berlebih atau overcharge. Ketika baterai sudah melakukan pengisian sampai 100% maka anda bisa langsung mencabutnya.

3. Jaga Suhu Ponsel

Berikutnya adalah dengan menjaga suhu ponsel supaya tetap stabil. Meskipun sudah dibekali dengan alat pendingin namun anda tetap harus memperhatikan suhu perangkat. Ketika sudah mengalami overhead Berhentilah untuk menggunakan perangkat tersebut.

Tanda-Tanda Baterai HP Kembung

Secara umum terdapat beberapa tanda-tanda baterai HP kembung. Tanda-tanda yang pertama adalah layar HP yang sudah terangkat, alias sudah nggak sejajar lagi dengan casing HP. Tanda-tanda berikutnya adalah casing HP mengembang, dan tentunya HP lebih cepat panas dan durasi penggunaan perangkat jadi lebih singkat.

Itulah ulasan kali ini seputar beberapa penyebab baterai HP kembung dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker