Tips dan Trik

Apa Itu Twibbon? Simak Pengertiannya Berikut!

Apa Itu Twibbon? Simak Pengertiannya Berikut! – Twibbon merupakan salah satu istilah yang mulai banyak digunakan oleh masyarakat kita beberapa tahun belakangan ini. Istilah tersebut mengacu kepada sebuah gambar yang mempunyai bingkai dan di dalamnya terdapat foto profil seseorang.

Selain itu di dalam gambar tersebut juga ada beberapa tulisan-tulisan atau berbagai macam elemen yang menarik. Kira-kira Apa itu twibbon? Apa saja sih fungsinya? Berikut adalah ulasan seputar pengertian twibbon dan beberapa fungsinya serta cara membuatnya.

Apa Itu Twibbon? 

Twibbon merupakan sebuah istilah yang mengacu kepada bingkai digital yang digunakan dalam menghiasi foto profil ataupun gambar. Twibbon ini merupakan sebuah bentuk partisipasi ataupun dukungan baik itu terhadap acara kemudian kampanye ataupun peringatan-peringatan tertentu.

Kalau kita perhatikan, pada umumnya twibbon berbentuk file gambar yang menggunakan format PNG atau bagian latar belakang yang transparan. Sehingga memungkinkan para pengguna untuk mengganti gambar transparan tersebut dengan foto yang mereka miliki

Kemudian, di dalam sebuah twibbon juga biasanya ada elemen-elemen grafis. Mulai dari tulisan kemudian desain kampanye ataupun logo. Di dalam lisan tersebut akan ada space tersendiri untuk memasukkan foto yang akan anda gunakan.

Twibbon bisa anda temukan di berbagai macam media sosial mulai dari WhatsApp kemudian Instagram sampai dengan Twitter dan Facebook.  Istilah twibbon ini berasal dari penggunaan aplikasi Twitter ya.

Istilahnya mengacu kepada gabungan antara kata Twitter dengan ribbon. Yang mana awalnya banyak sekali para pengguna Twitter yang menggunakan foto dengan bingkai-bingkai tertentu, sebagai bentuk visualisasi dukungan mereka terhadap sebuah gerakan.

Namun untuk saat ini, twibbon bukan hanya sekedar bisa anda temukan di Twitter tapi juga di platform platform media sosial yang lain. Meskipun anda temukan di media sosial yang lain,  tapi istilah yang digunakan masih tetap twibbon ya. 

Fungsi Utama Twibbon

Pada umumnya ada banyak sekali fungsi twibbon. Nggak heran kalau kemudian banyak sekali masyarakat kita yang memaksimalkan alat satu ini sebagai media kampanye ataupun promosi. Untuk fungsi utama yang pertama adalah sebagai bentuk dukungan kampanye.

Dalam hal ini twibbon bisa digunakan untuk mendukung kampanye politik kemudian kesehatan ataupun lingkungan dan yang lainnya. Dan kalau kita perhatikan banyak juga nih orang-orang yang ikut mengkampanyekan sesuatu dengan menggunakan twibbon dan membagikannya ke media sosial.

Sebagai contohnya adalah peringatan Hari AIDS sedunia. Nantinya akan banyak sekali twibbon twibbon yang mengkampanyekan hari  AIDS. sedunia. Fungsi yang berikutnya adalah untuk mempromosikan acara.

Acara-acara yang bisa dipromosikan dengan menggunakan twibbon ini tentu sangat beragam. Mulai dari konser kemudian peringatan hari-hari besar seminar dan yang lainnya. Dengan menggunakan twibbon tentu akan membuat promosi sebuah acara menjadi jauh lebih cepat dan lebih mudah.

Karena pasar dari penggunaan online ini sama sekali tidak terbatas. Fungsi berikutnya adalah untuk meningkatkan kesadaran terhadap isu-isu tertentu. Karena di dalam sebuah ribbon akan ada tulisan-tulisan yang mengajak orang-orang untuk melakukan sesuatu.

Yang berikutnya adalah untuk memeriahkan momen-momen spesial seperti perayaan ulang tahun ataupun pernikahan dan yang lainnya.

Cara Menggunakan Twibbon

Untuk saat ini ada berbagai macam platform yang bisa anda gunakan ketika ingin membuat dan menggunakan twibbon. Salah satu yang paling recommended adalah twibbonize. Ini merupakan salah satu aplikasi ataupun platform yang sangat terkenal.

Karena dengan menggunakannya Anda bisa memakai twibbon dengan sangat-sangat mudah dan dalam waktu yang relatif singkat. Berikut ini cara menggunakan situs tersebut.

1. Kunjungi Situs Penyedia Twibbon

Cara yang paling pertama harus anda lakukan adalah dengan mengunjungi situs mereka. Di sana anda bakalan menemukan banyak sekali desain-desaan ribbon yang menarik yang siap buat digunakan.

Baik itu ketika anda akan menggunakan twibbon kampanye ataupun memeriahkan acara-acara tertentu ya.

2. Pilih Desain Twibbon

Ketika sudah berada di dalam situs tersebut Anda bisa langsung memilih desain yang kiranya menarik dan cocok dengan acara yang akan anda meriahkan. Kalau untuk penggunaan situs satu ini tentu ada segudang desain-desain yang super menarik.

3. Unggah Foto Anda

Apabila sudah menemukan desain yang cocok maka langkah berikutnya adalah dengan mengunggah foto yang akan anda gunakan. Dalam hal ini jangan lupa untuk menggunakan foto yang memang resolusinya paling bagus Supaya hasil  twibbonnya juga maksimal.

4. Atur Posisi Foto

Langkah berikutnya adalah  dengan mengatur posisi foto yang sudah anda unggah. Mengatur posisi foto ini bisa dilakukan dengan menggeser foto kemudian memperbesarnya atau bahkan memperkecilnya. Hal ini supaya letaknya lebih presisi dan lebih bagus.

Jika sudah melakukan semua tahapan-tahapan di atas maka Langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah dengan menyimpan hasilnya kemudian membagikannya ke berbagai macam  platform media sosial yang anda miliki.

Platform untuk Membuat Twibbon

Selain bisa menggunakan situs di atas ada banyak lagi nih platform yang bisa jadi pilihan saat anda akan membuat twibbon sendiri. Untuk yang pertama adalah aplikasi canva yang notabenenya merupakan aplikasi atau alat editing desain grafis yang sangat terkenal.

Dengan menggunakan layanan ini anda bisa menemukan banyak sekali template-template yang menarik kemudian menggunakannya sesuai kebutuhan. Dan aplikasi ini juga memungkinkan anda untuk melakukan editing sesuai kebutuhan masing-masing.

Kemudian Anda juga bisa menggunakan aplikasi PicsArt, yang juga menyediakan banyak template-template menarik dan mempunyai alat editing yang sangat lengkap. 

Kesimpulan

Dari ulasan di atas bisa kita simpulkan bahwasanya twibbon merupakan bingkai digital yang berisi foto dan juga beberapa kalimat ataupun elemen-elemen yang ingin anda meriahkan. Sejarah singkat dari twibbon adalah dimulai dari banyaknya para pengguna Twitter yang memakai foto dengan menggunakan bingkai atau pita.

Fungsinya adalah untuk memeriahkan sesuatu atau sebagai bentuk dukungan mereka terhadap sebuah acara. Namun untuk saat ini, gambar ataupun bingkai digital tersebut sudah bisa anda gunakan di berbagai macam media sosial.

Dengan menggunakan nama ataupun istilah yang sama yaitu twibbon. Fungsi utama twibbon adalah untuk memeriahkan acara kemudian mengkampanye sesuatu ataupun mengikuti dan  memperingati acara-acara tertentu.

Untuk saat ini sudah tersedia banyak sekali aplikasi-aplikasi desain grafis ataupun aplikasi pengedit twibbon yang beredar di internet. Ada aplikasi-aplikasi yang memungkinkan anda untuk membuat twibbon secara manual, dan ada pula yang sudah menyediakan banyak template-template yang bisa disesuaikan.

Anda tinggal gunakan saja beberapa rekomendasi aplikasi pembuat twibbon yang sudah kami bahas di atas ya. Kemudian Jangan lupa untuk menggunakan twibbon yang kiranya menarik dan melakukan editing sesuai kebutuhan. 

Nah itulah ulasan kali ini seputar Apa itu  twibbon dan juga beberapa ulasan lengkap terkait dengan bingkai digital yang mesti anda ketahui. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.

 

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker