InternetTips dan Trik

Berapa Lama Update Windows 10? Dapatkan Jawabannya Berikut!

Berapa Lama Update Windows 10? Dapatkan Jawabannya Berikut!

Berapa Lama Update Windows 10? Dapatkan Jawabannya Berikut! – Windows merupakan salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia. Dan mayoritas masyarakat Indonesia juga menggunakannya. Menariknya Windows terus mengalami pengembangan-pengembangan yang menarik.

Dan untuk saat ini sudah sampai ke versi yang 10, atau yang biasa kita sebut sebagai Windows 10. Sebagai pengguna anda perlu melakukan update terhadap Windows 10 ataupun Windows lain yang Anda gunakan.

Hal ini bertujuan untuk menjaga keamanan serta kinerja perangkat. Hanya saja proses update tersebut memang membutuhkan waktu yang tergolong cukup bervariatif. Kira-kira Berapa lama update Windows 10?

Sebagai salah satu pengguna Windows 10 dan pengen mengupdatenya, bisa langsung dapatkan jawaban-jawa berikut ini.

Daftar Isi :

Kenapa Waktu Update Bervariasi?

Tidak bisa kita pungkir ya bahwasanya waktu update Windows 10 memang sangat bervariasi ya. Dalam hal ini ada yang cuma beberapa menit dan ada pula yang justru sampai 1 jam. Pada dasarnya terdapat berbagai macam hal yang mempengaruhinya.

Faktor yang Mempengaruhi Lamanya Update

Berikut ini adalah beberapa faktor yang mempengaruhi lamanya update Windows 10 yang akan Anda lakukan.

1. Jenis Pembaruan

Untuk faktor yang pertama adalah dari segi jenis pembaruan yang akan Anda lakukan. Ternyata ketika akan melakukan pembaruan Windows 10 ada dua jenis yang nantinya akan anda temukan atau akan Anda lakukan.

Yaitu pembaruan yang sifatnya adalah kumulatif dan ada pula yang pembaruan fitur. Keduanya menawarkan sesuatu yang berbeda. Sehingga proses update-nya akan memakan waktu yang berbeda pula.

2. Spesifikasi Perangkat

Faktor yang juga mempengaruhi lama tidaknya proses update Windows 10 adalah spesifikasi perangkat. Spesifikasi Perangkat terdiri dari berbagai macam hal. Salah satunya adalah jenis penyimpanan dan juga prosesor.

Untuk jenis penyimpanan ada dua yaitu hdd dan juga SSD. Kalau kita bandingkan antara jenis penyimpanan hdd dan SSD, memang akan jauh lebih baik jika Anda menggunakan penyimpanan SSD.

Dengan demikian maka proses updatenya Mungkin jauh lebih cepat. Ditambah lagi dengan prosesor yang memadai. Itu artinya jika Anda masih menggunakan perangkat yang menggunakan jenis penyimpanan hdd, besar kemungkinan prosesnya akan agak lama.

3. Kondisi Sistem Sebelum Update

Faktor yang lainnya adalah kondisi sistem operasi sebelum anda update. Ketika banyak sekali file-file ataupun aplikasi yang masih berjalan di sistem latar belakang, maka akan berpengaruh terhadap proses update.

Dalam hal ini proses update tersebut bakalan jadi jauh lebih lambat. Dan ini merupakan salah satu faktor yang mungkin tidak banyak disadari oleh masyarakat kita.

4. Ruang Penyimpanan

Berikutnya adalah dari segi ruang penyimpanan. Ketika akan melakukan update Windows 10 Anda membutuhkan ruang penyimpanan yang memadai. Supaya pihak sistem operasi dapat melakukan penyimpanan serta memproses file pembaruan.

Kalau ruang penyimpanan anda sudah sangat limit maka pembaruan bisa saja gagal dan juga tertunda. Paling tidak Anda membutuhkan penyimpanan sekitar 20 GB, Terutama ketika akan melakukan pembaruan fitur yang memang besar.

5. Kecepatan Koneksi Internet

Antara faktor yang terakhir adalah kecepatan koneksi internet. Dalam proses update anda perlu menghubungkan perangkat ke koneksi internet yang bagus dan stabil. Semakin bagus koneksi Internetnya maka akan semakin cepat pula proses unduhnya.

Tentu hal ini juga berlaku kebalikannya. Jadi, ketika koneksi internet anda tidak stabil dan jelek kualitasnya maka akan memperlambat proses update Windows 10 nya.

Berapa Lama Update Windows 10? 

Sebagaimana yang sudah kami bahas sebelumnya, bahwa terdapat dua jenis pembaruan. Ya itu yang pembaruan kumulatif dan juga pembaruan fitur. Masing-masing mempunyai dan membutuhkan durasi yang berbeda.

Kalau untuk pembaruan kumulatif, Ia merupakan pembaruan yang rutin. Nantinya akan ada perbaikan keamanan serta bug atau permasalahan-permasalahan yang terjadi. Pembaruan yang satu ini hanya membutuhkan waktu sekitar 5 sampai dengan setengah jam aja.

Itu artinya memang tidak terlalu lama karena pembaruannya bersifat kecil. Adapun pembaruan fitur ini justru memakan waktu yang jauh lebih lama yaitu dari 30 menit sampai dengan 2 jam. Nantinya akan tergantung lagi terhadap spesifikasi perangkat serta beberapa faktor yang sudah kami bahas sebelumnya.

Tips Mempercepat Proses Update Windows 10

Bila anda merasa prosesnya terlalu lama, ada beberapa kok tips yang bisa Anda coba. Berikut ini adalah beberapa tipsnya.

  • Menggunakan koneksi internet yang cepat dan stabil.
  • Update jenis penyimpanan ke SSD.
  • Pastikan bahwa ruang penyimpanan Anda cukup paling tidak tersisa 20 GB.
  • Nonaktifkan aplikasi-aplikasi ataupun tutup file-file yang berjalan di latar belakang dan sedang tidak Anda akses.
  • Lakukan pembaruan secara teratur supaya tidak terjadi penumpukan pembaruan.

Hal yang Harus Dilakukan Jika Pembaruan Terlalu Lama

Jika anda merasa bahwa proses updatenya terlalu lama, ada beberapa hal yang juga bisa anda lakukan nih. Yang pertama adalah dengan bersabar dan menunggu sampai prosesnya selesai.

Terlebih lagi jika Anda masih menggunakan perangkat yang spesifikasinya sangat standar dan koneksi internet yang tidak terlalu bagus. Kemudian Anda bisa memeriksa dulu koneksi internet dan berpindah ke koneksi internet yang lebih baik.

Ketika proses update-nya macet atau sama sekali nggak ada tanda-tanda kemajuan, padahal sudah melakukan proses update-nya selama beberapa jam, maka anda dapat mencoba untuk merestart perangkat.

Dengan demikian maka Windows bakalan melanjutkan proses tersebut sampai selesai. Dan yang terakhir adalah dengan menggunakan alat Windows Update trouble Shooter. Alat ini cukup penting juga sih untuk anda lakukan ketika akan melakukan proses update.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas bisa kita simpulkan bahwa berapa lama update Windows 10 adalah sangat bervariasi. Hal ini tergantung dengan berbagai macam faktor serta jenis pembaruan yang akan Anda lakukan.

Jenis pembaruan yang skalanya kecil hanya akan membutuhkan waktu 5 sampai setengah jam. Adapun pembaruan yang skalanya besar membutuhkan waktu sampai beberapa jam.

Ketika prosesnya macet maka anda dapat pada saat perangkat dan bisa juga menggunakan trouble Shooter. Adapun tips yang wajib Anda lakukan adalah dengan melakukan pembaruan secara rutin.

Hal ini bertujuan supaya tidak terjadi penumpukan file-file, dan nantinya akan membuat proses update menjadi jauh lebih cepat. Dan anda bisa lakukan beberapa tips yang lainnya yang sudah kami bahas di atas ya.

Oke demikian ulasan kali ini seputar pertanyaan Berapa lama update Windows 10 dan beberapa informasi seputar faktor yang mempengaruhi cepat lambatnya proses update serta tips yang bisa Anda coba.

Demikian semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Ikuti terus berbagai macam informasi-informasi menarik dari kami. Baik itu seputar tips dan trik kemudian gadget ataupun seputar berbagai macam hal tentang teknologi ya.

Jangan lupa juga untuk membagikan informasi ini kepada orang-orang yang ada di sekitar Anda.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker