AplikasiTips dan Trik

Cara Buat Saluran WhatsApp yang Mudah dan Cepat

Cara Buat Saluran WhastApp yang Mudah dan Cepat – Beberapa tahun belakangan ini aplikasi WhatsApp mengalami pengembangan yang cukup menarik. Ini bisa kita lihat dari semakin beragamnya fitur-fitur yang mereka tawarkan. Adapun salah satu fitur yang cukup terbaru adalah fitur saluran.

Yang mana fitur Saluran ini akan memungkinkan para penggunanya untuk berkomunikasi dengan banyak orang sekaligus. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang mungkin ingin berbagi sesuatu kepada banyak orang.

Sehingga metode komunikasi ini akan mempermudah dan mempercepat garis saluran informasi kepada banyak orang ya. Nah bagi Anda yang tertarik untuk membuatnya bisa langsung saja simak Bagaimana cara buat saluran wa berikut ini.

Daftar Isi :

Apa Itu Saluran WhatsApp?

Saluran WA atau saluran WhatsApp merupakan sebuah fitur yang memungkinkan anda untuk membuat sebuah grup komunikasi. Tujuannya adalah untuk membagikan informasi ataupun konten-konten tertentu kepada banyak orang.

Dan tentu saja fitur Saluran ini mempunyai perbedaan dengan fitur grup pada umumnya. Kalau misalnya fitur grup ini memungkinkan semua anggota untuk mengirimkan pesan ataupun melakukan berbagai macam tindakan, maka di dalam fitur Saluran ini justru sebaliknya.

Yang mana, hanya si pemilik saluran saja yang dapat mengirimkan pesan. Itu artinya, saluran WhatsApp mempunyai metode komunikasi satu arah. Ya itu dari pihak pemilik saluran kepada semua anggota.

Dengan demikian maka komunikasi yang ada di dalam sebuah grup jadi jauh lebih terkelola dan lebih efektif.

Mengapa Membuat Saluran WhatsApp?

Pada umumnya ada berbagai macam alasan kenapa sih harus membuat saluran Whatsapp ya. Dan kalau kita perhatikan orang-orang yang membuat saluran WhatsApp ini biasanya adalah mereka yang notabenenya punya banyak pengikut.

Ya meski sebenarnya siapapun mempunyai kebebasan untuk membuat saluran WhatsApp mereka sendiri. Jadi kalau misalnya Anda nggak punya pengikut sama sekali atau punya fans yang sedikit, Tentu nggak ada salahnya juga untuk membuat saluran sendiri.

Untuk alasan kenapa membuat saluran WhatsApp yang pertama adalah untuk meningkatkan efisiensi komunikasi. Sesuai ulasan di atas, jelas bahwasanya dengan menggunakan saluran ini anda bisa mengirimkan pesan kepada banyak orang sekaligus.

Sehingga Anda nggak perlu repot-repot untuk mengirimkan pesan secara manual satu persatu. Ini penting banget bagi pengguna organisasi kemudian bisnis ataupun komunitas yang memang perlu menginformasikan kepada banyak orang terkait dengan berbagai macam hal.

Karena kalau misalnya Anda nggak menggunakan saluran maka anda perlu waktu yang sangat banyak untuk mengirimkan informasi kepada satu orang ke satu orang yang lainnya. Ya Selain nggak hemat waktu ini juga bakalan nggak hemat tenaga.

Karena pasti bakalan membuat anda lebih capek. Alasan yang berikutnya adalah ketika anda ingin membangun sebuah komunitas. Karena saluran memungkinkan anda buat membangun komunitas yang ada di sekitar baik itu orang-orang yang sama-sama mempunyai Mina tertentu ataupun topik tertentu.

Ketika anda membuat sebuah saluran kemudian membagikan konten-konten yang relevan tentu bakalan menarik minat orang lain untuk bergabung ke dalam saluran tersebut.

Cara Buat Saluran WhatsApp

Setelah mengetahui beberapa ulasan seputar pengertian  saluran Whatsapp dan juga kenapa harus membuatnya, Sekarang kita akan bahas Bagaimana sebenarnya cara buat tawuran WhatsApp.

1. Perbarui Aplikasi WhatsApp

Cara yang paling pertama dan paling dasar yang harus anda lakukan adalah dengan memperbarui aplikasi WhatsApp. Jadi fitur saluran WhatsApp Ini kan termasuk fitur yang terbaru ya. Maka kalau misalnya Anda masih pakai aplikasi versi lama tentu akan membuat Anda tidak bisa menemukan fitur tersebut.

Oleh karena itu silakan diperbarui dulu dengan menggunakan layanan Google Play Store ataupun App Store. Kalau misalnya tersedia pembaruan maka anda bisa langsung update saja dengan menggunakan fitur yang ada.

2. Buka Aplikasi WhatsApp

Setelah selesai mengupdate aplikasi WhatsApp ke versi yang paling terbaru lalu menunjukkan dengan membuka aplikasi WhatsApp. Supaya Anda bisa menggunakan semua fitur-fitur yang sudah tersedia.

3. Buat Saluran

Dan sekarang Kita bisa mulai membuat saluran. Di bagian halaman utama Anda bisa memilih atau menu membuat saluran. Biasanya Anda akan menemukan menu tersebut di bagian menu utama atau dengan mengklik icon chat.

4. Menambahkan Kontak

Setelah itu tambahin beberapa kontak yang pengen Anda tambahkan ke dalam saluran tersebut. Dalam hal ini Anda bisa memilih beberapa orang sekaligus.

5. Menentukan Nama dan Deskripsi Saluran

Cara buat saluran wa yang berikutnya adalah dengan memasukkan nama saluran yang bakalan mencerminkan tema serta tujuan saluran anda. Dan jangan lupa juga buat nambahin deskripsi singkat supaya orang lain Tahu apa sih yang bisa mereka dapatkan dari saluran yang anda miliki.

6. Mengatur Pengaturan Privasi

Langkah berikutnya adalah dengan menentukan siapa saja yang bisa melihat saluran tersebut. Supaya bisa dilihat oleh banyak orang maka anda bisa membuatnya bersifat publik.

7. Mengirim Pesan Pertama

Setelah selesai membuat saluran Anda bisa mulai mengirimkan pesan kepada orang lain.

Tips Sukses Membuat Saluran WhatsApp

Nah setelah membuat saluran tentu ada nggak bisa hanya diam saja dan membiarkan saluran tersebut mangkrak. Supaya saluran tersebut bisa berkembang Anda bisa lakukan beberapa tips berikut ini.

1. Konsisten dalam Mengirim Konten

Tips yang paling pertama adalah dengan konsisten untuk mengirimkan konten-konten ataupun membagikan informasi kepada orang-orang yang ada di dalam saluran tersebut. Jika memang perlu Anda bisa membuat jadwal pengiriman pesan.

Dengan demikian maka orang-orang yang ada di dalam saluran tersebut akan tahu kapan kira-kira Anda akan mengirimkan pesan yang baru. Dan mereka juga bisa mengharapkan pembaruan-pembaruan yang akan Anda lakukan, sesuai jadwal yang ada.

2. Berinteraksi dengan Anggota

Tips yang berikutnya adalah dengan berinteraksi dengan anggota-anggota yang ada di salurannya. Ya walaupun metode komunikasi yang ada di dalam saluran ini memang satu arah, tapi anda bisa kok tetap berinteraksi dengan mereka.

Yaitu dengan memberikan kesempatan feedback kepada mereka ataupun berkomentar terhadap konten-konten yang anda Kirimkan. Bahkan Anda juga bisa melakukan polling di dalam saluran tersebut.

3. Gunakan Konten yang Menarik

Sementara tips yang lainnya adalah dengan membuat dan membagikan konten-konten yang menarik. Dan yang galau pentingnya lagi adalah dengan mengunggah konten-konten yang kiranya bermanfaat dengan mereka ya.

Dalam hal ini anda bisa membagikan konten dalam berbagai macam bentuk. Dari berbentuk artikel kemudian video gambar dan yang lainnya.

Kesimpulan

Saluran WhatsApp merupakan sebuah fitur yang memungkinkan anda untuk membuat grup yang sifat komunikasinya adalah satu arah. Sehingga cuma anda saja yang bisa mengirimkan pesan di dalam grup tersebut.

Fitur Saluran ini memungkinkan Anda juga untuk membagikan informasi kepada banyak orang sekaligus. Cara membuatnya cukup gampang dan ada beberapa tips yang perlu Anda lakukan.

Demikian ulasan kali ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker