Tips dan Trik

Cara Melihat Riwayat Pencarian di Instagram 2024

Cara Melihat Riwayat Pencarian di Instagram 2024 – Instagram telah menjadi salah satu media sosial yang mungkin ada di setiap ponsel masyarakat Indonesia. Ketika menggunakan aplikasi Instagram Anda pasti pernah melakukan pencarian. Nah kira-kira bisa nggak sih kita melihat riwayat pencarian yang pernah kita lakukan di Instagram?

Karena mungkin akan ada beberapa momen yang mengharuskan anda untuk melihat riwayat pencarian kan? Nah berikut ini kami bakalan bahas ulasan lengkap terkait dengan Bagaimana cara melihat riwayat pencarian di Instagram.

Karena Siapa tahu Anda memang perlu melakukan pencarian dan melihat riwayat pencarian yang pernah anda lakukan.

Daftar Isi :

Apa itu Instagram

Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang paling terkenal di dunia. Aplikasi satu ini sudah mengalami perkembangan yang cukup banyak. Terlebih lagi jika kita bandingkan dengan versi pertama kali rilisnya.

Aplikasi Instagram sendiri merupakan aplikasi yang memungkinkan anda untuk membagikan konten dalam berbagai macam bentuk. Mulai dari bentuk foto kemudian video sampai dalam bentuk teks.

Aplikasi Instagram juga memungkinkan anda untuk melihat konten-konten yang diunggah oleh orang lain atau pengguna lain. Kemudian Anda bisa memberikan komentar terhadap konten-konten tersebut.

Aplikasi ini berbasis online, itu artinya anda perlu menghubungkan perangkat ke jaringan internet supaya bisa mengakses layanannya. Dengan menggunakan aplikasi Instagram Anda juga bebas menikmati semua fitur-fitur yang mereka tawarkan.

Mulai dari fitur direct message-nya kemudian ada juga fitur untuk membuat Story dan yang lainnya. Dan pihak developnya terus melakukan pengembangan-pengembangan yang menarik.

Bahkan tampaknya pihak develop aplikasi ini bisa mengikuti perkembangan atau trend media sosial yang ada. Nggak heran jika aplikasi Instagram masih tetap eksis sampai saat ini.

Instagram bisa anda dapatkan lewat Google Play Store ataupun App Store. Rilisnya sudah dari tahun 2012 yang lalu. Apabila tertarik menggunakan aplikasi Instagram maka anda wajib menggunakan OS minimal 9.

Saat ini yang mendownloadnya juga sudah sangat banyak yaitu lebih dari 5 miliar Orang yang tersebar di seluruh dunia.

Apa Itu Riwayat Pencarian di Instagram?

Riwayat pencarian di Instagram merupakan sebuah daftar yang notabenenya berisik semua Atau segala sesuatu yang pernah anda cari lewat aplikasi Instagram. Mulai dari akun yang anda cari kemudian #sampai dengan lokasi serta topik-topik yang pernah anda ketik.

Jadi di dalam aplikasi Instagram memang tersedia fitur-fitur yang menarik. Salah satunya adalah fitur pencarian. Fitur inilah yang akan sangat membantu anda ketika ingin menemukan sesuatu. Baik itu ketika akan menemukan akun orang lain kemudian informasi-informasi tertentu ataupun yang lainnya.

Nah begitu anda melakukan pencarian menggunakan fitur tersebut maka sistem aplikasi Instagram akan langsung melakukan pencatatan dan menyimpan riwayat pencarian anda. Tentu saja ada tujuan dari pencatatan riwayat tersebut ya.

Salah satunya adalah untuk mempermudah anda ketika akan menemukan konten-konten yang kiranya sama atau konten yang sudah pernah anda cari sebelumnya. Dengan adanya riwayat tersebut yakin Instagram juga bisa memberikan saran pencarian yang kiranya relevan berdasarkan dengan aktivitas pengguna.

Dan ini sangat berkaitan dengan algoritma yang ada di dalam aplikasi Instagram ya. Dan biasanya dari daftar pencarian yang pernah anda lakukan, anda tentu inginĀ  melakukan pengelolaan pencarian, kemudian ingin menghapusnya ataupun melihat kembali.

Mengapa Melihat Riwayat Pencarian di Instagram Penting?

Berikut ini merupakan beberapa alat tang Kenapa sih harus melihat riwayat pencarian di Instagram. Atau Kenapa sih melihat riwayat pencarian di Instagram menjadi penting? Untuk alasan yang pertama adalah karena akan membantu anda untuk menemukan sesuatu dengan sangat mudah.

Ketika anda akan mencari sesuatu di Instagram maka dengan adanya riwayat pencarian ini maka proses pencarian anda tentu bakalan jadi jauh lebih cepat. Karena anda sudah pernah melakukan pencarian menggunakan kata yang serupa.

Fungsi yang berikutnya adalah untuk melakukan pengelolaan privasi. Nggak bisa kita pungkiri bahwasanya banyak orang yang beranggapan bahwasanya riwayat pencarian mereka merupakan sesuatu yang bersifat privasi.

Sehingga harus dikelola sedemikian rupa. Sementara alasannya yang lainnya adalah karena pihak Instagram akan memberikan rekomendasi-rekomendasi yang relevan.

Cara Melihat Riwayat Pencarian di Instagram

Setelah mengetahui pengertian riwayat pencarian serta beberapa alasan kenapa melihat riwayat pencarian menjadi penting, sekarang kita bakalan bahas Bagaimana sebenarnya cara melihat riwayat pencarian di Instagram. Nggak usah khawatir karena caranya gampang banget.

1. Buka Aplikasi Instagram

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan membuka aplikasi Instagramnya terlebih dahulu. Anda bisa membuka aplikasi Instagram lewat handphone ya atau smartphone. Kemudian login menggunakan akun yang anda miliki atau akun yang pengen Anda lihat riwayat pencariannya.

2. Pergi ke Tab Pencarian

Begitu berhasil masuk ke dalam akun maka anda akan berada di bagian halaman utama yang berisi banyak menu. Kali ini anda bisa langsung pergi ke menu pencarian yaitu ke icon yang berbentuk kaca pembesar.

Biasanya menu satu ini terletak di bagian bawah. Tinggal klik saja menu tersebut maka anda akan menemukan jalan pintas untuk pergi ke bagian fitur tersebut.

3. Lihat Kolom Pencarian

Ketika tab pencariannya sudah terbuka maka anda bakalan melihat Kolom pencarian di bagian atas layar. Anda dapat mengklik kolom tersebut. Dengan demikian maka pihak Instagram bakalan secara otomatis memperlihatkan riwayat pencarian yang sudah pernah anda lakukan.

Anda bisa langsung melihat daftar riwayat pencarian. Mulai dari pencarian akun kemudian #atau bahkan lokasi-lokasi. Anda bisa Scroll ke bawah untuk melihat hasil pencarian yang lebih banyak. Setelah melihatnya maka anda dapat langsung melakukan pengelolaan terhadap hasilnya.

Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Instagram

Nah umumnya banyak orang yang ingin menghapus riwayat pencarian di Instagram mereka kan? Salah satu Alasannya karena ingin menjaga privasi. Nah Tenang saja karena cara menghapus riwayat pencarian di Instagram ini nggak kalah gampangnya kok.

Jadi bagi Anda yang ingin banget menghapus riwayat pencarian bisa langsung saja menghapusnya satu persatu. Caranya adalah dengan buka Kolom pencarian kemudian di bagian riwayat pencarian Anda bakalan menemukan simbol X tepat di bagian sebelah kanan tiap pencarian.

Begitu Ingin menghapus sebuah pencarian Anda bisa langsung klik saja simbol tersebut. Setelah itu maka pencariannya bakalan hilang secara otomatis. Menariknya lagi selain bisa menghapus satu persatu Anda juga bisa melakukan penghapusan secara menyeluruh atau sekaligus.

Caranya adalah dengan pergi ke halaman profil kemudian klik icon profil Anda yang ada di sebelah kanan bawah. Lalu lanjutkan dengan mengklik garis tiga horizontal yang terletak di sebelah kanan atas dan pilih menu pengaturan.

Langkah berikutnya adalah dengan mengklik menu privasi dan pilih yang keamanan. Scroll aja ke bawah sampai Anda menemukan ada tulisan hapus riwayat pencarian. Pilih menu tersebut kemudian konfirmasi tindakan dengan mengikuti instruksi yang muncul pada layar.

Cara Melihat Riwayat Pencarian di Instagram dari PC

Selain bisa melihat riwayat pencarian Instagram lewat handphone atau smartphone Anda juga bisa melihat riwayat pencarian lewat laptop atau komputer ya. Caranya adalah dengan buka browser kemudian kunjungi halaman websitenya Instagram.

Lalu masuk ke dalam akun yang anda miliki, lalu Klik di bagian icon pencarian yang terletak di bagian atas halaman. Dengan mengkliknya maka anda bisa langsung menemukan hasil riwayat pencarian yang selama ini sudah pernah anda lakukan.

Setelah itu Anda bisa langsung melakukan pengelolaan riwayat pencarian. Dalam hal ini anda bisa menghapusnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Tips Mengelola Riwayat Pencarian di Instagram

Ada beberapa tips mengelola riwayat pencarian di Instagram yang bisa Anda coba. Yaitu dengan menghapusnya secara berkala kemudian menggunakan fitur private browsing sampai dengan menjaga privasi.

Jadi itulah ulasan kali ini seputar Bagaimana cara melihat riwayat pencarian di Instagram yang wajib banget anda cobain sendiri. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker