Tips dan Trik

Cara Menyimpan Dokumen di MS Word dan Google Doc

Cara Menyimpan Dokumen di MS Word dan Google Doc – Setelah melakukan pembuatan dokumen, Anda harus melakukan penyimpanan terlebih dahulu. Supaya data-data yang sudah anda buat tidak hilang begitu saja, dan supaya bisa diakses kapanpun dan di manapun.

Nah biasanya dalam membuat dokumen masyarakat dunia kerap menggunakan dua layanan yang terkenal. Yaitu Microsoft Word dan juga Google dokumen. Keduanya memang tergolong sangat membantu siapapun yang ingin membuat dokumen secara cepat dan mudah.

Apalagi keduanya juga dibekali dengan segudang alat-alat editing yang sangat membantu. Bagi Anda yang baru pertama kali menggunakan kedua layanan tersebut,  bisa pelajari Bagaimana cara menyimpan dokumen di Microsoft Word dan dual dokumen berikut ini.

Daftar Isi :

Pengertian Dokumen

Tapi sebelum ngebahas Gimana cara menyimpan dokumennya, kita bakalan bahas dulu nih Apa sih sebenarnya Dokumen itu sendiri. Pada dasarnya dokumen adalah file yang isinya adalah teks atau gambar ataupun elemen-elemen yang lain yang sudah disusun ke dalam sebuah format tertentu.

Untuk formatnya cukup beragam ya. Dari format dokumen kemudian PDF ataupun PPT dan yang lainnya. Masing-masing aplikasi akan menawarkan format yang berbeda. Jadi, kalau untuk format filenya tergantung pada aplikasi dan juga jenis yang anda butuhkan.

Karena biasanya tiap-tiap instansi ataupun kepentingan pasti membutuhkan dokumen yang ekstensinya berbeda. Sebagai contoh, Ketika anda akan mengumpulkan tugas akhir maka biasanya pihak kampus akan meminta anda untuk mengumpulkannya dalam ekstensi PDF.

Itu artinya Anda perlu membuat dokumen yang berbentuk pdf. Sementara itu ketika anda akan mengikuti lomba biasanya pihak panitia akan meminta anda untuk mengumpulkan hasil ataupun tugasnya dengan format yang berbeda yaitu dokumen.

Jadinya tinggal sesuaikan saja ekstensi yang anda butuhkan dengan yang diminta oleh pihak instansi ataupun yang lainnya ya.

Alasan Penting Menyimpan Dokumen

Ada beberapa alasan penting Kenapa harus menyimpan dokumen. Baik itu dokumen yang berkaitan dengan tugas-tugas kuliah kemudian yang berkaitan dengan pekerjaan ataupun yang lainnya. Untuk yang pertama adalah karena keamanan data.

Ketika anda melakukan penyimpanan dokumen maka kegiatan ini akan menyimpan dokumen anda dan melindungi informasi-informasi penting yang ada di dalamnya supaya nggak hilang. Karena untuk membuat ulang tentu akan memakan banyak waktu dan tenaga.

Alasan yang berikutnya adalah karena supaya memungkinkan ada untuk mengaksesnya lebih mudah kapanpun dari manapun. Sementara alasan penting yang lain adalah untuk melakukan penyimpanan jangka panjang.

Karena nggak bisa kita pungkiri bahwasanya dokumen-dokumen yang tersimpan rapi tentu akan sangat mempermudah anda untuk mengaksesnya di masa yang akan datang. Apalagi jika anda menyimpannya di layanan penyimpanan  awan.

Cara Menyimpan Dokumen di Microsoft Word

Cara menyimpan dokumen pertama yang akan kita bahas adalah untuk Anda yang notabene nya merupakan pengguna Microsoft Word. Microsoft Word ini merupakan sebuah layanan pengolah kata yang paling populer di dunia.

Bahkan tampaknya mereka mempunyai andil yang sangat besar terhadap perkembangan aplikasi-aplikasi pengolah kata. Ketika menggunakan layanan ini maka anda bisa membuat dokumen dengan sangat mudah dan cepat.

Hanya saja untuk menggunakan Microsoft Anda memang harus membeli lisensinya sekali seumur. Karena pembeliannya cuma sekali saja maka nggak heran sih kalau misalnya mereka membandrolnya dengan harga yang cukup mahal.

Ada banyak sekali keunggulan dari Microsoft word. Keunggulan-keunggulan tersebut yang membuat banyak orang tertarik untuk menggunakannya. Nah bagi Anda yang menggunakan layanan tersebut bisa langsung saja simpan dokumen dengan melakukan tahapan-tahapan berikut.

  • Tahapan pertama ialah dengan membuka aplikasi Microsoft wordnya terlebih dahulu
  • Kemudian Anda bisa membuat dokumen dulu baik itu dalam bentuk teks kemudian menambahkannya dengan gambar ataupun yang lainnya. Tinggal sesuaikan saja dengan dokumen yang anda akan buat
  • Setelah membuat dokumen maka langkah berikutnya adalah dengan menyimpannya, yaitu dengan mengklik menu save ataupun save as yang terletak di sebelah kiri atas
  • Kemudian tinggal pilih saja lokasi penyimpanan. Anda dapat menyimpannya di desktop ataupun folder khusus
  • Tahapan terakhir ialah dengan memberikan nama file dokumen tersebut. Buatlah nama yang kiranya gampang buat Diingat dan memang ada pahami ya
  • Klik menu save

Saat anda melakukan penyimpanan jangan lupa untuk menyimpannya secara berkala ketika mengetik ya. Karena ini akan sangat membantu anda untuk menghindari terjadinya kehilangan data yang disebabkan oleh berbagai macam hal. Entah itu karena  laptop yang mati tiba-tiba atau aplikasi yang tiba-tiba tertutup.

Cara Menyimpan Dokumen di Google Docs

Cara menyimpan dokumen berikutnya yang akan kita bahas adalah untuk Anda yang menggunakan Google dokumen. Sesuai namanya Google dokumen ini merupakan sebuah layanan yang ditawarkan oleh pihak Google.

Kalau kita perhatikan layanan ini hampir sama aja dengan layanan yang ditawarkan oleh pihak Microsoft ya. Apalagi fitur-fitur yang mereka tawarkan juga cukup lengkap. Yang membedakannya dengan Microsoft adalah penggunaannya.

Jika menggunakan Microsoft anda  tidak perlu menggunakan internet, maka jika menggunakan layanan ini Justru harus pakai layanan internet. Hal ini karena aplikasinya yang berbasis online. Meskipun demikian tetap banyak kok masyarakat dunia yang menggunakannya.

Jadi begitu selesai membuat dokumen Anda harus melakukan penyimpanan, bagian ini juga berlaku bagi para pengguna Google doc. Berikut ini cara menyimpannya.

  • Pertama buka dulu Google dokumen kemudian ketik dokumen sesuai kebutuhan
  • Setelah itu maka pihak Google akan share otomatis melakukan penyimpanan terhadap file yang anda ketik. Karena di dalam layanan tersebut memang gak ada juga tombol untuk men-save-nya.
  • Meskipun demikian anda masih tetap bisa mendownload filenya dengan cara mengklik tulisan file kemudian pilih menu download. Lanjutkan dengan memilih format sesuai dengan kebutuhan.

Cara Menyimpan Dokumen di PDF

Berikutnya yang bakalan kita bahas adalah cara menyimpan dokumen di PDF. Karena PDF sendiri termasuk salah satu format ataupun ekstensi file yang paling banyak digunakan masyarakat dunia ya.

Menariknya PDF ini memang punya beberapa kelebihan. Salah satu kelebihannya ialah mampu menjaga tampilannya, sehingga akan tetap sama meskipun Anda akses lewat berbagai macam jenis perangkat.

Cara menyimpan dokumen dalam bentuk format PDF ialah membuat dulu dokumen anda lewat aplikasi Microsoft Word ataupun Google dokumen. Setelah itu, pilih menu file dan pilih yang save us. 

Langkah berikutnya adalah dengan memilih format PDF, pilih lokasi penyimpanan, beri nama file, dan terakhir tinggal klik save. Jadi gimana nih gampang banget kan?

Itulah ulasan lengkap kali ini seputar beberapa cara menyimpan dokumen yang bisa Anda coba. Baik itu menyimpan dokumen lewat Microsoft Word ataupun lewat Google dokumen. Silakan Cobain aja mengetik atau membuat file dengan menggunakan kedua layanan tersebut.

Supaya mengetahui mana sih sebenarnya yang lebih bagus dan paling cocok untuk anda pakai. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker