Aplikasi

Cara Edit Foto Jadi Video Online dengan Mudah

Cara Edit Foto Jadi Video Online dengan Mudah – Metode editing foto tergolong cukup beragam. Salah satu metode yang kerap menjadi pilihan para  editor adalah dengan mengubah foto menjadi video. Mengubah foto menjadi video sendiri Bisa Anda jadikan sebagai cara yang kreatif untuk membagikan atau menceritakan sebuah kisah.

Kemudian cocok juga anda lakukan untuk membuat presentasi atau memperingati momen-momen yang spesial. Nah untuk saat ini anda sudah nggak perlu lagi repot-repot mendownload aplikasi ataupun software pengubah edit foto menjadi video.

Pasalnya sudah banyak kok alat-alat online yang memungkinkan anda untuk melakukan kegiatan tersebut. Buat Anda yang penasaran bisa langsung saja simak Bagaimana cara edit foto jadi video online berikut ini.

Daftar Isi :

Apa Itu Edit Foto Menjadi Video?

Edit foto menjadi video merupakan sebuah kegiatan untuk Menggabungkan beberapa foto ke dalam satu buah alur tertentu. Hal ini agar menjadi sebuah konten atau video yang utuh. Supaya hasilnya lebih bagus Anda dapat menambahkan efek kemudian musik ataupun teks serta transisi.

Nantinya hasil editing atau penggabungan foto menjadi video ini bisa anda share ke berbagai macam media sosial atau bisa juga anda presentasikan di acara-acara khusus. Dan sejauh ini banyak juga sih orang-orang yang melakukan editing foto menjadi video.

Manfaat Mengedit Foto Menjadi Video

Mengubah foto menjadi video atau melakukan editing foto menjadi video mempunyai beberapa manfaat. Untuk yang pertama adalah mempermudah anda ketika akan story telling. 

Nggak bisa kita pungkiri bahwasanya dengan menggabungkan foto atau mengubah foto menjadi video akan sangat membantu anda ketika ingin mempermudah para penonton dalam Memahami sebuah cerita ataupun konteks dari foto-foto yang sudah anda gabungkan menjadi satu.

Manfaat yang berikutnya adalah untuk membuat presentasi yang menarik. Video yang anda hasilkan dari penggabungan beberapa foto ketika mempresentasikan sesuatu tentu menjadi Nilai plus tersendiri.

Nantinya Anda dapat menggabungkan foto menjadi video tersebut untuk berbagai macam kepentingan mulai dari kepentingan bisnis kemudian sekolah ataupun yang lainnya. Sementara manfaat yang berikutnya adalah meningkatkan keterlibatan di media sosial.

Pada dasarnya konten-konten video yang menarik memang akan menarik perhatian banyak orang daripada foto yang statis. Sehingga bakal efektif banget kalau anda gunakan di media sosial. Baik itu di Instagram kemudian Facebook ataupun yang lainnya.

Cara Edit Foto Jadi Video Online dengan Mudah 

Untuk saat ini sudah banyak sekali alat-alat editing foto menjadi video yang bisa Anda coba. Berikut kami bahas beberapa alatnya serta Bagaimana cara edit foto jadi video online yang bisa Anda coba.

1. Canva

Canva merupakan platform desain grafis yang sangat terkenal di Indonesia dan di dunia. Platform yang satu ini punya banyak keunggulan. Mulai dari segi tampilannya yang simpel kemudian alat editing yang cukup lengkap serta penggunanya yang gratis.

Menariknya plafon tersebut bukan cuma sekedar platform desain grafis tapi juga platform yang membantu anda untuk melakukan kegiatan editing. Termasuk mengedit foto menjadi video. Dan di dalamnya Anda juga bisa Nambahin foto kemudian musik dan transisi dengan sangat mudah.

Untuk menggabungkan foto menjadi video di aplikasi canva bisa anda lakukan dengan cukup mudah. Berikut ini adalah step by step yang bisa Anda coba.

  • Buka dulu situs kanva atau dengan membuka aplikasinya
  • Setelah itu bisa login dengan menggunakan akun email yang anda miliki atau buat akun dulu
  • Begitu berhasil masuk Anda dapat memilih yang opsi video di bagian menu utama
  • Lanjutkan dengan mengunggah foto-foto yang pengen Anda jadikan video atau Anda gabungkan menjadi video
  • Lalu susun foto sesuai dengan urutan yang anda inginkan
  • Tahapan berikutnya adalah dengan menambahkan efek transisi kemudian teks sampai dengan musik
  • Tinggal lakukan kegiatan editing sampai selesai
  • Begitu selesai melakukan editing Anda dapat langsung menyimpannya dengan cara mengklik menu download
  • Lalu pilih yang format video MP4

Adapun Beberapa kelebihan aplikasi ini ialah gratis dan gampang anda gunakan, menyediakan banyak template video yang bisa anda pilih sendiri, serta mendukung kegiatan editing-editing sesuai dengan kebutuhan.

Sayangnya memang ada beberapa fitur yang tersedia bagi pengguna premium atau yang berlangganan dengan canva Pro. Jika tertarik berlangganan maka anda cuma perlu modal puluhan ribu aja kok. Sehingga bisa menghasilkan video yang lebih maksimal.

2. Adobe Spark

Cara edit foto jadi video online berikutnya adalah dengan menggunakan alat Adobe Spark. Yang mana Ini juga termasuk salah satu layanan online yang sangat terkenal dan bahkan membantu anda ketika ingin mengumpulkan atau menggabungkan foto-foto menjadi satu video.

Aplikasi ini bahkan cocok bagi Anda yang ingin membuat video dari kumpulan video secara cepat dan mudah. Mereka juga menawarkan berbagai macam template-template profesional yang akan membuat hasilnya jadi jauh lebih menarik.

Untuk Anda yang akan  menggunakan aplikasi keluaran dari Adobe, bisa langsung saja simak tahapan-tahapan editingnya berikut ini.

  • Pertama Anda bisa pergi ke dalam situs Adobe Spark dengan menggunakan Browser
  • Lanjutkan dengan membuat  akun dengan menggunakan fitur yang tersedia
  • Lalu pilih opsis slide show supaya Anda dapat membuat video dari kumpulan foto-foto yang sudah anda siapkan
  • Tahapan berikutnya adalah dengan mengunggah foto-foto yang anda akan pakai dengan menggunakan fitur yang tersedia
  • Langkah berikutnya adalah dengan menyesuaikan durasinya kemudian dengan menambahkan musik latar sampai dengan menambahkan teks. Dalam hal ini anda bisa dengan bebas melakukan kegiatan editing sesuai dengan kebutuhan
  • Apabila merasa sudah cukup melakukan editingnya maka anda bisa menyimpan dan mengunduh video tersebut menggunakan format sesuai keinginan

Aplikasi satu ini punya beberapa kelebihan ya. Seperti template yang profesional dan sangat menarik kemudian gampang digunakan, dan juga menyediakan banyak opsi penyesuaian. Sehingga cocok banget bagi Anda yang masih pemula.

3. Animoto

Animoto  merupakan salah satu platform yang juga cukup menarik untuk mengedit foto-foto menjadi sebuah video atau slide show. Bagaimana halnya beberapa aplikasi di atas, Anda juga bisa menambahkan atau melakukan kegiatan editing menggunakan situs satu ini.

Cara menggunakannya juga nggak kalah gampang kok. Ada bisa langsung pergi saja ke dalam situs Mereka kemudian daftar ke dalam situsnya. Langkah berikutnya adalah dengan memilih jenis video yang pengen anda buat.

Kemudian unggah foto-foto anda serta atur urutannya sesuai dengan keinginan. Tahapan berikutnya adalah dengan melakukan editing editing simple seperti dengan menambahkan teks kemudian menambahkan transisi atau bahkan menambahkan musik.

Anda bisa melakukan kegiatan editing Sebebas mungkin ya. Hal ini bertujuan supaya konten atau video yang anda buat menjadi jauh lebih menarik. Begitu selesai melakukan kegiatan editing Anda bisa langsung mengunduhnya saja.

Situs ini punya berbagai macam kelebihan seperti gampang digunakan kemudian pilihan template yang juga beragam, serta proses download yang mudah.

4. Kizoa

Cara edit foto jadi video online berikutnya adalah dengan menggunakan platform atau situs kizoa. Salah satu situs yang mungkin tidak terlalu terkenal tapi tetap worthed untuk Anda coba. Karena dengan menggunakannya Anda bisa membuat video slide show lewat foto-foto yang anda miliki.

Caranya adalah dengan daftar dulu ke dalam situs Mereka kemudian pilih yang opsi slide show. Berikutnya upload foto-foto yang pengen Anda jadikan sebagai video, kemudian lakukan editing sesuai keinginan.

Di sini anda bisa menambahkan efek transisi kemudian animasi sampai dengan musik. Terakhir tinggal download dan pilih format yang anda inginkan. Ketika menggunakan situs ini maka anda akan menemukan banyak banget nih pilihan transisi serta efek yang menarik.

Dan mereka juga sudah didukung oleh berbagai macam format-format video. Namun sayangnya ada beberapa fitur yang cuma bisa anda gunakan ketika menggunakan versi yang berbayar ya.

Tips Mengedit Foto Menjadi Video yang Menarik

Berikut kami Berikan beberapa tips untuk mengedit foto menjadi video yang menarik:

  • Gunakan transisi yang halus
  • Pilih musik yang kiranya sesuai dengan konten yang anda buat
  • Jangan menggunakan teks yang terlalu panjang
  • Jaga durasi video

Demikianlah ulasan kali  ini semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker