Tips dan Trik

Cara Mengirim Paket Online Shop

Cara Mengirim Paket Online Shop – Menjalankan bisnis online termasuk salah satu peluang bisnis yang harus anda coba. Karena memang tergolong sangat menguntungkan. Terutama jika anda berhasil mendapatkan banyak pelanggan. 

Nah dalam kegiatan berjualan atau berbisnis online, ada berbagai macam hal yang mesti anda pelajari. Salah satunya adalah terkait dengan Bagaimana cara mengirim paket online shop. Karena bagaimanapun, berbisnis online Nggak cuma sekedar menjual produk saja.

Namun juga mengharuskan anda untuk memastikan bahwasanya barang yang dipesan oleh pihak pembeli sampai di tangan mereka dengan aman dan sesuai dengan estimasi yang mereka inginkan atau yang ditawarkan oleh pihak ekspedisi.

Dalam berjualan online, pengiriman barang merupakan salah satu hal yang tergolong penting. Karena ini akan berkaitan dengan kepuasan para pelanggan. Oleh karena itu Anda bisa pelajari Bagaimana sebenarnya cara mengirim paket online shop yang baik dan benar.

Daftar Isi :

Tips Memilih Jasa Pengiriman

Namun sebelum membahas Bagaimana sebenarnya cara mengirim paket online shop, Anda harus tahu dulu apa saja sih yang harus dilakukan untuk memilih jasa pengiriman yang tepat. Untuk saat ini di Indonesia sendiri sudah banyak sekali jasa ekspedisi ya.

Mulai dari JNE kemudian j&t sampai dengan Pos Indonesia. Dalam memilih jasa pengiriman atau ekspedisi ada berbagai macam faktor yang bisa anda pertimbangkan. Berikut ini merupakan beberapa diantaranya.

  • Kecepatan pengiriman

Pada umumnya para pembeli pasti menginginkan barang yang mereka pesan sampai dalam waktu yang relatif singkat. Nah jika mereka  membutuhkan pengiriman yang singkat, maka yang perlu Anda cari adalah pengiriman atau ekspedisi yang memang menawarkan jenis pengiriman  Express atau pengiriman kilat.

Karena jenis pengiriman seperti ini yang nantinya akan membuat paket yang anda Kirimkan sampai cuma dalam beberapa hari saja. Namun biasanya pengiriman Express membutuhkan biaya yang lebih besar daripada pengiriman reguler pada umumnya.

Dan biasanya Ada beberapa barang yang memang mengharuskan anda untuk menggunakan jasa ekspedisi yang menawarkan pengiriman Express ya. Seperti makanan ataupun yang lainnya. 

  • Jangkauan wilayah

Tips berikutnya yang mesti anda perhatikan adalah jangkauan wilayah. Pastikan dulu bahwasanya jasa pengiriman yang bakal anda gunakan bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia, terlebih lagi wilayah tujuan pengiriman.

Karena tidak semua jasa ekspedisi mampu mengantarkan paket yang notabenenya untuk daerah-daerah terpencil.

  • Biaya pengiriman

Sementara tips yang lainnya adalah dengan mempertimbangkan Biaya pengiriman. Dalam hal ini anda bisa menggunakan jasa ekspedisi yang menawarkan Biaya pengiriman yang terjangkau sesuai anggaran. 

Cara Mengirim Paket Online Shop

Oke setelah mengetahui beberapa tips di atas, sekarang kita akan bahas Bagaimana cara mengirim paket online shopee yang bisa Anda coba.

Pilih Ekspedisi

Cara pertama yang harus anda lakukan adalah dengan memilih ekspedisi yang akan digunakan. Untuk menggunakan sebuah jasa ekspedisi Anda bisa pertimbangkan beberapa hal yang sudah kami singgung sebelumnya.

Carilah jasa ekspedisi yang menawarkan layanan pengiriman cepat atau Express, kemudian menawarkan biaya pengiriman yang terjangkau, serta bisa mengantar barang ke pelosok-pelosok Indonesia.

Mengemas Barang dengan Aman

Jika sudah memilih ekspedisi yang tepat, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengemas barang dengan aman. Kemaslah barang sedemikian rupa. Hal ini supaya barang-barang yang anda Kirimkan tetap dalam kondisi aman.

Karena kesalahan pengemasan dapat menyebabkan barang rusak dan ini bakalan sangat merugikan kedua belah pihak. Untuk mengemas paket sendiri ada cara-cara yang bisa anda lakukan ya. Berikut ini kami berikan tutorial lengkapnya:

  • Yang pertama Anda bisa memilih kotak ataupun Amplop yang kiranya sesuai.
  • Kemudian jangan lupa juga untuk melindungi barang menggunakan Bubble wrap. Terutama untuk barang-barang yang memang cukup gampang rusak. Mulai dari barang-barang elektronik kemudian barang pecah belah ataupun yang lainnya. Dan ada baiknya juga jika anda melapisi tersebut dengan lapisan yang lain.
  • Pastikan bahwasanya paket sudah tertutup dengan rapat. Anda bisa menggunakan selotip yang kuat supaya paketnya memang benar-benar terlindungi dan gak bakalan terbuka selama proses pengiriman.
  • Sementara langkah-langkah yang lainnya adalah dengan memberikan label yang jelas dan yang benar. Apabila barangnya termasuk barang yang gampang pecah maka anda bisa nempelin label tertentu. Supaya membuat pihak ekspedisi ataupun petugas lebih berhati-hati.

Menulis Alamat Pengiriman dengan Jelas

Jika sudah selesai mengemas barang, langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan menulis Alamat pengiriman dengan jelas. Nah menulis Alamat pengiriman dengan jelas ini juga termasuk salah satu hal penting yang harus anda lakukan.

Karena kalau misalnya sampai salah dalam penulisan alamat tentu akan membuat sepaket tidak bisa sampai ke tangan si pembeli. Untuk penulisan alamat ini bisa dengan memasukkan nama lengkap si penerima.

Kalau misalnya bingung ada tinggal gunakan saja nama yang sudah sesuai dengan di pesanan mereka. Kemudian jangan lupa juga untuk menyertakan seluruh informasi alamat mereka mulai dari nama kemudian nomor rumah sampai dengan kode pos.

Lalu Anda juga bisa mencantumkan nomor telepon supaya pihak kurir bisa menghubungi nomor tersebut kalau misalnya terjadi permasalahan dalam proses pengiriman. Terakhir Anda juga bisa mencantumkan alat pengiriman Yaitu anda sebagai penjual.

Membawa Paket ke Agen Pengiriman

Cara mengirim paket online shop yang berikutnya adalah dengan membawa paket tersebut ke agen pengiriman. Nantinya pakai tersebut bakalan ditimbang dan anda akan dikenakan biaya pengiriman. Biaya pengiriman biasanya tergantung seberapa berat barang dan seberapa jauh alamat tujuan.

Langkah-langkahnya cukup gampang kok. Setelah sampai di tempat agen pengiriman Anda bisa langsung menyerahkan paket tersebut kepada pihak petugas. Dengan demikian maka pihak petugas bakalan menimbang paket tersebut kemudian melakukan verifikasi informasi pengiriman.

Selanjutnya Anda bisa membayar biaya pengiriman yang diberikan oleh pihak petugas. Setelah itu Anda bakalan diberikan nomor resi yang nantinya bisa anda pakai ketika akan melakukan pengecekan atau pelacakan.

Jenis Layanan Pengiriman

Nah setelah selesai melakukan pengiriman paket online shop, ada beberapa hal yang juga harus anda perhatikan ya. Salah satunya adalah jenis layanan pengiriman yang tersedia di Indonesia. Jadi ada banyak sekali jasa ekspedisi yang menawarkan banyak jenis layanan juga.

Sehingga memungkinkan Anda ataupun orang lain untuk memilih layanan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Layanan-layanan tersebut biasanya akan dibedakan berdasarkan dengan biaya dan juga kecepatan.

Semakin cepat barang sampai maka akan semakin mahal pula harganya. Untuk jenis layanan yang pertama adalah layanan reguler. Layanan reguler ini merupakan layanan pengiriman yang waktu pengirimannya memang tergolong lama tapi harganya terjangkau.

Kemudian ada juga jenis layanan Express yang pengirimannya cepat tapi harganya lebih mahal. Sementara jenis yang terakhir adalah layanan untuk pengiriman dalam kota. Bahkan kadang ada yang menawarkan layanan pengiriman di hari yang sama.

Tapi sayangnya belum semua jasa ekspedisi menawarkan layanan yang pengiriman di dalam kuota 1 hari sampai ya.

Oke demikian ulasan kali ini seputar Bagaimana cara mengirim paket online shop yang harus anda coba. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related Articles

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker