Tips dan Trik

Cara Menghapus Bekas Pencarian di Play Store di Android

Cara Menghapus Bekas Pencarian di Play Store di Android – Sebagai pengguna Android, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi Google Play Store. Di mana aplikasi ini merupakan aplikasi yang nantinya bakalan membantu anda untuk mendownload berbagai macam aplikasi.

Mulai dari aplikasi game kemudian aplikasi mengetik ataupun aplikasi-aplikasi lainnya sesuai kebutuhan. Bahkan di dalam aplikasi Google Play Store ada juga bisa menemukan aplikasi-aplikasi buku, termasuk buku-buku edukasi.

Di dalam aplikasi Google Play Store sendiri ada segudang fitur-fitur menarik yang bisa anda gunakan. Salah satunya adalah fitur pencarian. Yang mana fitur pencarian ini bakalan menyimpan semua bekas pencarian yang pernah anda lakukan.

Tujuannya adalah untuk mempermudah anda ketika ingin mencari aplikasi yang sama di waktu yang berbeda. Sebagai contoh, mungkin hari ini Anda mengetik tulisan Instagram di pencarian aplikasi Google Play Store.

Nah nantinya tulisan atau kata Instagram tersebut akan tersimpan di fitur pencarian. Beberapa waktu ke depan anda bisa mengetik tulisan Instagram lagi, maka akan muncul tulisan Instagram di bekas pencarian yang  hari ini  anda lakukan.

Sebenarnya keberadaan fitur pencarian ataupun riwayat serta bekas pencarian ini sangat membantu. Tapi sayangnya di sisi yang lain, ada juga beberapa diantara kita yang justru terganggu dengan keberadaan fitur tersebut.

Oleh karena itu Anda bisa banget kok menghapus bekas pencarian. Berikut ini kita bakalan bahas beberapa cara yang bisa Anda coba.

Daftar Isi :

Apa itu Bekas Pencarian di Play Store

Bekas pencarian merupakan istilah lain dari kata riwayat pencarian ya. Jadi bekas pencarian merupakan istilah yang bisa kita gunakan untuk menyebutkan pencarian-pencarian sebelumnya yang pernah kita lakukan di aplikasi Play Store.

Sebagaimana yang sudah kamu sebutkan sebelumnya, bahwa pihak Google akan menyimpan kata kunci yang pernah Anda masukkan ke Kolom pencarian. Salah satu tujuan adanya fitur ini adalah mempermudah para pengguna ketika ingin mencari aplikasi aplikasi tertentu yang sudah pernah anda cari.

Manfaat Menghapus Bekas Pencarian di Play Store

Pada dasarnya ada berbagai macam manfaat yang akan anda peroleh ketika menghapus  bekas pencarian. Bahkan ini bukan cuma manfaat yang akan anda peroleh ketika menghapus pencarian di Play Store, tapi juga bermanfaat Ketika anda menghapus bekas pencarian di aplikasi-aplikasi yang lain.

Buat Yang penasaran apa saja manfaatnya bisa langsung saja simak beberapa poin-poin penting berikut ini.

  • Menjaga privasi

Untuk manfaat yang pertama adalah menjaga privasi. Tidak bisa kita pungkiri bahwasanya menghapus riwayat pencarian merupakan salah satu cara yang sangat efektif dalam menjaga privasi. Atau lebih lagi kalau perangkat Anda memang sering digunakan atau dipinjam oleh orang lain.

Dengan menghapus riwayat pencarian tersebut maka orang lain tidak akan bisa melihat daftar aplikasi-aplikasi yang pernah anda cari.

  • Mengurangi beban cache

Manfaat yang berikutnya adalah bisa mengurangi beban aplikasi. Ternyata semakin sering anda melakukan pencarian maka akan semakin membebani aplikasi. Dan ini juga bisa membuat ruang penyimpanan lebih gampang penuh.

Sehingga Anda perlu menghapusnya supaya mengurangi beban aplikasi ataupun beban cache, dan mempertahankan performa perangkat.

  • Merapikan tampilan

Adapun manfaat yang lainnya adalah buat merapikan tampilan. Ketika akan mencari sebuah aplikasi tentu anda butuh tampilan aplikasi yang bersih kan? Dan ini bisa anda lakukan dengan menghapus riwayat pencarian atau bekas pencarian.

Alasan Menghapus Bekas Pencarian di Play Store

Setiap orang punya alasan kenapa mereka ingin menghapus riwayat pencarian di Google Play Store. Berikut ini merupakan beberapa alasan yang cukup umum.

1. Menjaga Privasi

Alasan yang pertama adalah karena ingin menjaga privasi. Ternyata banyak sekali orang-orang di sekitar kita yang menganggap bahwa riwayat pencarian atau bekas pencarian di Google Play Store merupakan sesuatu yang bersifat privasi.

Apabila anda termasuk salah satu orang yang berpandangan demikian, maka anda perlu menghapus bekas pencarian. Supaya lebih menjaga privasi anda.

2. Membersihkan Kolom Pencarian

Alasan yang berikutnya adalah karena ingin membersihkan Kolom pencarian. Membersihkan kolam pencarian ini akan membuat tampilannya jadi lebih menarik dan nyaman digunakan. Selain itu membersihkan kolam pencarian juga akan membantu anda untuk menghindari munculnya aplikasi-aplikasi yang tidak relevan lagi.

Cara Menghapus Bekas Pencarian di Play Store

Berikut adalah beberapa cara menghapus bekas pencarian di Play Store yang bisa Anda coba.

  • Buka aplikasi Play Store

Cara paling pertama yang pasti anda lakukan adalah dengan membuka aplikasi Google Play store-nya. Membuka Google Play Store ini bisa dengan menggunakan menu aplikasi atau bisa juga lewat layar beranda.

Karena tampaknya hampir semua perangkat pasti menampilkan aplikasi Google Play Store di layar berandanya kan? Tujuannya adalah untuk mempermudah anda ketika ingin mengakses aplikasi tersebut.

  • Pergi ke menu pengaturan

Setelah berhasil membuka aplikasi tersebut langkah berikutnya yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengakses menu pengaturan. Caranya adalah dengan mengklik ikon profil yang terletak di sebelah kanan atas layar. 

Setelah itu Anda bisa pilih menu setting ataupun pengaturan untuk mengakses semua fitur-fitur atau menu-menu yang tersedia.

  • Hapus riwayat pencarian lokal

Adapun cara terakhir yang perlu Anda lakukan adalah dengan menghapus riwayat pencarian. Di bagian bunga pengaturan tersebut ada banyak sekali pilihan-pilihan yang tersedia. Termasuk pilihan untuk menghapus riwayat pencarian lokal.

Dalam hal ini anda bisa langsung saja mengklik opsi tersebut buat menghapus semua pencarian yang sudah pernah anda lakukan di aplikasi tersebut.

Menghapus Bekas Pencarian Secara Menyeluruh di Akun Google

Sementara buat Anda yang lebih ingin menghapus semua pencarian di akun Google bisa banget loh. Karena itu artinya Anda bisa langsung menghapus semua pencarian-pencarian yang notabenenya memakai layanan Google.

Nantinya ini bukan hanya sekedar akan menghapus riwayat pencarian di Google Play Store tapi juga di semua layanan Google, termasuk YouTube. Dan gak usah khawatir karena caranya gampang banget nih. 

  • Buka menu pengaturan akun Google
  • Pergi ke bagian tab data dan personalisasi
  • Pilih opsi aktivitas dan web aplikasi
  • Pilih menu kelola aktivitas
  • Terakhir tinggal hapus aja riwayat pencariannya

Dengan melakukan tahapan-tahapan tersebut maka secara otomatis semua riwayat pencarian Anda yang menggunakan layanan Google bakalan terhapus. Dan ada baiknya jika anda melakukan penghapusan secara rutin atau secara berkala.

Hal ini tentu akan sangat bermanfaat bagi perangkat dan juga bagi privasi anda. Caranya tentu bisa langsung menggunakan tutorial yang sudah kami bahas di atas ya. Anda bisa menggunakan cara yang pertama atau bisa juga menggunakan cara yang kedua.

Tinggal sesuaikan saja dengan kebutuhan penggunaan masing-masing. Oke itulah ulasan kali ini seputar Bagaimana cara menghapus bekas pencarian di Play Store yang mesti Anda pahami. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker